Menu
Pencarian

Rekrutmen PPK Pilkada 2024 Kota Batu Membludak

Portaljtv.com - Selasa, 30 April 2024 19:30
Rekrutmen PPK Pilkada 2024 Kota Batu Membludak
Pendaftar menyerahkan berkas rekrutmen PPK di KPU Kota Batu.(Foto: Rafli Firmansyah)

KOTA BATU - Animo rekrutmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batu tahun 2024 cukup membeludak. Hingga hari terakhir pendaftaran, data di Siakba Online KPU Kota Batu telah menyentuh angka 148 pendaftar.

Tentunya, tingginya animo pendaftar PPK ini akan semakin memperketat tingkat kompetisi antar calon pendaftar. Pasalnya, slot untuk pejabat PPK yang disediakan kali ini di Pilkada 2024 hanya sedikit.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Marlina. Kendati membeludak, belum semua dari pendaftar melengkapi dan menyerahkan berkas administrasinya.

''Agar pendaftar bisa melanjutkan tahap lanjutan, mereka harus melengkapi pendaftaran dengan menyerahkan berkas ke kantor. Karena pendaftaran online itu hanya sebagai alat untuk input berkas," ujar Marlina, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga :   Bawaslu Kota Batu Buka Pendaftaran Panwaslucam, Ini Syarat dan Jadwalnya

Marlina melanjutkan pihaknya tetap memberikan informasi kepada para pendaftar untuk memastikan data mereka terunggah di website. Kalau tidak terunggah, maka proses pendaftarannya dipastikan gagal.

''Sejauh ini berkas yang telah diterima secara offline di kantor baru 85 orang," sebutnya.

Nantinya, proses seleksi PPK Kota Batu akan dilakukan secara bertahap. Diawali dengan penelitian administrasi pendaftar hingga 2 Mei 2024. Lalu berlanjut pads pengumuman hasil seleksi administrasi pada 4 hingga 5 Mei 2024.

Baca Juga :   Rekrutmen PPK Pilkada 2024 Kota Batu Membludak

Lebih lanjut, para pendaftar akan melalui rangkaian seleksi. Mulai dari tes tulis hingga tes wawancara yang akan dilangsungkan pada 6 Mei. Sebelumnya, KPU Kota Batu juga akan meminta tanggapan dari masyarakat terhadap para peserta mulai 4 Mei hingga 10 Mei.  

Hasilnya, peserta yang dinyatakan lolos 10 besar akan diumumkan pada 10 Mei 2024 dan menjalani tes wawancara yang akan digelar mulai 11 Mei hingga 13 Mei mendatang.

"Setelah seluruh tahapan dilalui, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 14 Mei dan menjalani pelantikan pada 16 Mei 2024," terangnya.

Sebagai informasi, kebutuhan anggota PPK untuk Pilkada Kota Batu 2024 membutuhkan 15 orang pejabat PPK yang akan disebar di 3 kecamatan dengan masing-masing kecamatan diisi 5 PPK.(Rafli Firmansyah)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain