Menu
Pencarian

Jawa Timur Mendapat Jatah Enam Tim di Liga 3 Nasional

Portaljtv.com - Rabu, 28 Februari 2024 10:48
Jawa Timur Mendapat Jatah Enam Tim di Liga 3 Nasional
Juara Liga 3 Jatim Persibo Bojonegoro menjadi salah satu dari 6 klub Jawa Timur yang akan berlaga di putaran nasional. (Foto: @persibojonegoro)

SURABAYA - Exco PSSI Pusat akhirnya memutuskan Jawa Timur mendapat jatah sebanyak enam tim yang akan berlaga di putaran nasional Liga 3. Dari keputusan tersebut, Asprov PSSI Jatim ingin pertandingan putaran nasional bisa digelar di Jawa Timur.

Berdasarkan rapat Exco PSSI yang digelar 20 Februari lalu, PSSI pusat memutuskan 80 tim berhak berlaga di putaran nasional Liga 3. Kompetisi ini untuk perebutkan tiket promosi ke kompetisi Liga 2. Putaran nasional Liga 3 dijadwalkan digelar mulai 29 April hingga 7 Juni 2024 mendatang.

Dari 80 tim peserta, Jawa Timur mendapat jatah enam tim untuk berlaga putaran nasional. Enam tim tersebut diantaranya juara dan runner up Liga 3 Jatim, Persibo Bojonegoro dan Persedikab Kediri, dua semifinalis, Persekabpas Pasuruan dan NZR Sumbersari Kota Malang, serta peringkat ketiga babak 8 besar yaitu Pasuruan United dan PSM Madiun.

Hingga saat ini PSSI belum memutuskan daerah yang akan menjadi tuan rumah putaran nasional. Beberapa provinsi masih digadang-gadang untuk menjadi tuan rumah, salah satunya Jawa Timur.

Baca Juga :   Jawa Timur Mendapat Jatah Enam Tim di Liga 3 Nasional

Menurut Sekretaris Asprov PSSI Jatim Joko Tetuko, enam stadion di Jawa Timur yang menjadi homebase tim peserta putaran nasional dinilai layak menjadi venue pertandingan. Diantaranya Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro, Stadion R Soedarsono Pasuruan, Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Stadion Canda Bhirawa Pare Kediri, Stadion Gajayana Malang, dan Stadion Wilis Madiun.

Secara geografis, Jawa Timur berpotensi besar untuk menjadi tuan rumah, karena mudah dijangkau oleh seluruh tim peserta. Dan juga Jawa timur memiliki banyak stadion pendamping, sebagai alternatif pertandingan digelar di waktu yang sama.

Seperti halnya kompetisi Liga 3 Jatim, putaran nasional digelar dengan skema pertandingan yang nyaris serupa. 80 tim peserta akan disaring untuk melaju ke babak 32 besar, 16 besar, 8 besar, semifinal, hingga final. (Nanda Andrianta)

Editor : Alfian Noor R





Berita Lain