Menu
Pencarian

Tiga Parpol Koalisi Raksasa Hadapi Demokrat dan Incumbent di Pilkada Pacitan

Portaljtv.com - Rabu, 8 Mei 2024 16:30
Tiga Parpol Koalisi Raksasa Hadapi Demokrat dan Incumbent di Pilkada Pacitan
Tiga Partai Politik Koalisi Raksasa Hadapi Demokrat dan Incumbent di Pilkada Pacitan.

PACITAN - Jelang perhelatan bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Pacitan partai politik intens bermanuver. Kabar terbaru koalisi raksasa bakal terbentuk. Partai Golkar, PKB dan PDIP dikabarkan bakal berkoalisi melawan poros Demokrat

Bersatunya 3 partai di Pilkada Kabupaten Pacitan 2024 digadang-gadang sebagai Koalisi Raksasa. Pasalnya koalisi raksasa ini terbangun dengan raihan suara Golkar 7 Kursi di Pemilu terakhir, PKB 5 kursi dan PDI-P 6 kursi, sehingga koalisi ini akan menjadi koalisi raksasa dengan total raihan 18 kursi.

Sederetan nama besar akan bertengger di koalisi ini dan dipastikan akan menjadi King Maker dalam Pilkada Pacitan mendatang, diantaranya wakil Bupati Incumbent Gagarin, Wakil Ketua DPRD Fibi Irawan dan Sekertaris DPC PDIP Heru Setyanto.

Saat dikonfirmasi Heru Setyanto menyatakan komitmen telah dibangun tiga partai besar ini, meskipun belum secara formal komunikasi intens dilakukan oleh para petinggi partai.

Baca Juga :   Tiga Parpol Koalisi Raksasa Hadapi Demokrat dan Incumbent di Pilkada Pacitan

”Pada prinsipnya kami bicara pembangunan Pacitan kedepan,” katanya.

Bila konstalasi politik ini tidak berubah hingga pendaftaran calon di KPU 27 Agustus 2024 mendatang, maka dipastikan ada dua poros bakal bertarung, yakni koalisi Golkar, PKB dan PDI dengan total 18 kursi, dan poros Demokrat, Gerindra, PPP, Hanura, Perindo, PKN, Garuda, PAN dan PSI kursi, Sementara Nasdem dan PKS belum menyatakan sikap. 

Disinggung terkait apakah komitmen 3 parpol koalisi ini akan mulus bertahan hingga tahapan pendaftaran calon ke KPU, Heru memandang jika politik itu dinamis.

Baca Juga :   Rapat Pleno Penetapan Kursi Legislatif, PKB Geser Dominasi PDI-P di Kota Batu

"Kami belum bicara figur akan didukung maju, namun dengan perolehan PDIP 6 kursi kami harus berkoalisi untuk mengajukan calon kepala daerah,” tandasnya.

Sementara itu dukungan kepada Rakhman Wijayanto terus mengalir, terakhir Partai Gerindra menyatakan dukungan untuk Rakhman Wijayanto di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024.

Dukungan disampaikan langsung jajaran pengurus DPC Gerindra Minggu (5/5) siang. Bambang Margono, Sekretaris DPC Gerindra Pacitan mengatakan dukungan untuk Rakhman bentuk keseriusan membangun kebersamaan membangun daerah.

Baca Juga :   Karena All In, Cak Imin Sudah Pecat Gus Muhdlor dari PKB sebelum Jadi Tersangka KPK

“Rekomendasi dukungan ini merupakan inisiatif kami, bukan permintaan yang bersangkutan. Kami datang menyampaikan rekomendasi dukungan sendiri bukan diminta,” kata Bambang.

Bambang menegaskan Partai Gerindra lebih mengedepankan kebersamaan untuk membangun Indonesia. Dan di daerah Gerindra ingin bersama-sama Partai Demokrat memajukan Pacitan.

“Dan (dukungan) ini sudah keputusan final Partai Gerindra Pacitan atas komunikasi dengan DPD dan DPP (Gerindra),” imbuhnya.

Baca Juga :   PPP Tak Lolos, Berikut Update Perolehan Kursi Partai dan Daftar 87 Caleg DPR RI Dapil Jatim

Anggota DPRD Dapil Pacitan-Pringkuku itu pun meyakini pasangan Indrata Nur Bayuaji-Rakhman Wijayanto bisa diterima masyarakat.“Dukungan (Gerindra) sudah satu kesatuan untuk Mas Indrata Nur Bayuaji dan Rakhman Wijayanto demi Pacitan yang lebih maju ke depannya,” tegas Bambang.

Dukungan Gerindra yang merupakan parpol pemenang Pilpres 2024 ini makin memperkuat Rakhman Wijayanto sebagai kandidat pendamping Indrata Nur Bayuaji di Pilkada Pacitan November mendatang.

Sebelumnya 7 parpol parlemen non parlemen Pacitan sudah lebih dulu menyatakan dukungan. Diantaranya, Partai Hanura, PPP, Perindro, PSI, Garuda, PKN dan Partai Amanat Nasional.(Edwin Adji)

Editor : M Fakhrurrozi





Berita Lain