Menu
Pencarian

Rekap Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Portaljtv.com - Jumat, 3 Mei 2024 10:34
Rekap Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024
Selebrasi Ivar Jenner usai membobol gawang Irak dalam perebutan tempat ketiga (Foto: PSSI)

SURABAYA - Timnas Indonesia U-23 mengakhiri perjalanannya di Piala Asia U-23 2024 setelah menghadapi Irak dalam perebutan peringkat ketiga. Sayangnya, Garuda Asia takluk dengan skor 2-1, Kamis (02/05/2024) malam.

Meski gagal merebut tempat ketiga, prestasi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 cukup mengejutkan karena mampu menembus 4 besar dengan status sebagai tim debutan.

Bahkan, sepanjang perjalanan dalam kejuaraan yang cukup bergengsi di Asia tersebut, Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan beberapa tim unggulan.

Tentu yang paling mengesankan adalah ketika Rizky Ridho dkk mampu mengalahkan Korea Selatan. Di fase grup, Timnas Indonesia U-23 juga mengalahkan Australia.

Baca Juga :   Erick Thohir Tetap Memuji Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Berikut rekap perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024:

Fase Grup

Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup A pada babak penyisihan grup Piala Asia U-23 2024. Garuda Asia satu grup dengan tuan rumah, Qatar, Australia dan Yordania.

Baca Juga :   Rekap Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Rizky Ridho dkk mengawali pertandingan fase grup dengan menghadapi Qatar. Pada laga perdana, Timnas Indonesia U-23 harus menyerah 2-0 kepada Qatar.

Namun, Timnas Indonesia U-23 langsung bangkit. Setelahnya, Garuda Asia mampu mengalahkan Australia dan Yordania berturut-turut dengan performa yang mengesankan.

Dua kemenangan tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 finis sebagai runner-up Grup A. Hasil itu mengantarkan anak asuh Shin Tae-yong ke perempat final.

Baca Juga :   Tekad Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Terakhir ke Olimpiade Paris 2024

Perempat Final

Di babak perempat final, Timnas Indonesia U-23 mendapat lawan yang berat. Sebagai runner-up grup A, Garuda Asia harus berhadapan dengan juara grup B, Korea Selatan.

Meski tidak diunggulkan, Timnas Indonesia U-23 tampil mengejutkan dengan mengalahkan Korea Selatan lewat drama adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Baca Juga :   Shin Tae-yong: Kami Sudah Lakukan yang Terbaik

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 tidak lepas dari performa apik Ernando Sutaryadi yang berhasil menggagalkan tendangan pemain Korea Selatan dalam adu tos-tosan.

Setelah menyingkirkan salah satu tim kuat di Asia tersebut, Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Uzbekistan yang sebelumnya berhasil menyingkirkan Arab Saudi.

Skuad Garuda Asia berada dalam motivasi tinggi pada pertandingan tersebut. Sayangnya, Garuda Asia menelan kekalahan dan gagal melaju ke babak final.

Baca Juga :   Kata Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Uzbekistan di Semifinal

Timnas Indonesia U-23 takluk dengan skor 2-0 dari Uzbekistan. Hasil itu membuat Garuda Asia gagal lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Third Place

Gagal melaju ke final, Timnas Indonesia U-23 dipertemukan dengan Irak dalam perebutan peringkat ketiga. Irak juga gagal ke final setelah kalah dari Jepang.

Dalam perebutan tempat ketiga, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kehebatan Irak. Garuda Asia takluk 2-1 setelah pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-23 juga gagal lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Mau tidak mau, Rizky Ridho dkk harus merebut tiket terakhir melalui jalur play-off melawan wakil Afrika.

Editor : A.M Azany





Berita Lain